Home / BERITA TAPANULI / Siapkan Penjaga Pantai Handal di Objek Wisata Pantai Samosir

Siapkan Penjaga Pantai Handal di Objek Wisata Pantai Samosir

Share This:

Rosliana

Rosliana

PANGURURAN, SAMOSIRGREEN.COM-Mengingat banyaknya kecelakaan pantai mengakibatkan korban hanyut dan tewas di kawasan Danau Toba, Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata bersiaga menjelang membeludaknya pengunjung akhir tahun 2017.

Salah satu penyebab korban berjatuhan bisa jadi karena minimnya tingkat kesadaran masyarakat pengunjung dan kurang sigapnya petugas pengamanan pantai atau lifeguard.

Dibutuhkan petugas pengamanan pantai yang sudah terlatih dan profesional, yang bersiap siaga di objek-objek wisata pantai. Dengan begitu, resiko terjadinya kecelakaan pantai dapat diminimanilisir.

Kadis Pariwisata Samosir Ombang Siboro, melalui sekretarisnya, Rosliana pada Jumat (29/11/2017) di Pangururan, kepada wartawan mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait soal petugas pengamanan pantai.

“Kita segera berkoordinasi dengan dinas terkait. Bagaimana nantinya petugas pengamanan pantai kita tempatkan di objek-objek wisata pantai. Karena itu memang sangat penting, mengingat ada kejadian kecelakaan pantai di Samosir ini. Karena kecelakaan itu berdampak pada tingkat pengunjung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rosliana mengatakan pihaknya pun akan tetap mengontrol keamanan pengunjung di objek -objek wisata pantai.

“Di objek wisata pantai kita tempelkan papan imbauan dan batas atau zonasi berenang. Memang pengunjung terkadang mengabaikan imbauan dan zonasi tersebut,” terangnya.

Rosliana juga tak lupa menyinggung keberadaan harga dan menu makanan di objek-objek wisata, agar dipajang guna memudahkan pengunjung mendapatkan informasi.

“Para pengusaha agar melengkapi daftar menu makanan, supaya para pengunjung tak kecewa. Kalau tak mampu, kita siap untuk mengadakan daftar menu. Kita desain sebaik mungkin,” tambahnya.

Salah satu warga Pangururan, S Pasaribu (25) mengatakan, Pemkab Samosir melalui dinas terkait harus segera menempatkan lifeguard di objek wisata pantai agar dunia pariwisata Samosir tak menjadi preseden buruk.

“Kejadian-kejadian fatal di objek wisata pantai Samosir seharusnya sudah menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berbenah,” kata Pasaribu.

Apalagi, ujar Pasaribu, target Pemkab Samosir mendatangkan wisatawan dengan jumlah yang lebih besar, harus diantisipasi sejak dini.

“Jangan nantinya wisatawan kecewa dengan pelayanan tak memuaskan di objek-objek wisata yang ada,” pungkasnya. (Sg06)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top