Home / BERITA TAPANULI / Edison Turnip Menangkan Pilkades Siopat Sosor Pangururan

Edison Turnip Menangkan Pilkades Siopat Sosor Pangururan

Share This:

Pilkades Sialanguan

SAMOSIR, SAMOSIRGREEN.COM– Dana Rp. 2,9 Miliar telah digelontorkan Pemkab Samosir untuk pelaksanaan demokrasi desa yaitu Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 32 Desa Se-Kabupaten Samosir pada Sabtu (25/11/2017).

Dana yang bersumber dari APBD 2017 tersebut telah dipergunakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di 32 desa yang melaksanakan Pilkades serentak.

Dari Kecamatan Pangururan, ada duaPilkades serentak pada Sabtu (25/11), yaitu Desa, Siopat Sosor dan Sialanguan.

Pemungutan suara yang dimulai pukul 09 Wib dan ditutup pukul 12.00 Wib. Dari hasil penghitungan suara yang dilakukan pukul 13.00 Wib, untuk Desa Siopat Sosor, unggul calon nomor urut 3  Edison Turnip dengan perolehan 158 suara di 2 TPS.

Hal itu dikatakan Ketua P2KD Desa Siopat Sosor Albinus Manihuruk kepada Samosirgreencom pada Sabtu sore, (25/11/2017).

“Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara di Sekretariat P2KD, Edison Turnip unggul dengan 158 suara. Kami juga mengucapkan terima kasih buat seluruh masyarakat Desa Siopat Sosor, pelaksanaan Pilkades hari ini berjalan sukses dan kondusif.  Semoga situasi seperti, tetap kita pelihara pada pesta demokrasi selanjutnya,” ujarnya.

Sementara, calon petahana Kepala Desa Siopat Sosor dengan nomor urut 2 Marolop Sihaloho kalah karena hanya berhasil mengantongi 130 suara.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang hadir kelokasi TPS bersama Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak, Kajari Samosir Edward Malau, Camat Pangururan Krimson Malau, dan beberapa pimpinan SKPD menilai pada dasarnya pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan damai.

Adapun hasil perhitungan  Pemilihan Kepala Desa di Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan nomor urut 1 Mian Sipangkar, nomor urut 2 Marolop Sihaloho, nomor urut 3 Edison Turnip, dan nomor urut 4 Janahot Blasius Sihaloho.

Dari 503 jumlah DPT, untuk TPS I yang tidak hadir memberikan hak pilihnya, sebanyak 33 orang, dan di TPS II sebanyak 59 orang. Kehadiran pemilih di Desa Siopat Sosor 81%.

Sementara itu, dari desa di Kecamatan Pangururan lainnya yang melakukan Pilkades yaoitu Desa Sialaguan, Calon Nomor Urut 2 Kardi Situngkir berhasil unggul perolehan suaranya dari calon lainnya.

(Sg-NiS)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top