Home / BERITA TAPANULI / Ada Apa, Panwas Humbahas Kumpulkan Para Tokoh ?

Ada Apa, Panwas Humbahas Kumpulkan Para Tokoh ?

Share This:

Jahormat Lumbantoruan saat sampaikan paparan

Jahormat Lumbantoruan saat sampaikan paparan

DOLOK SANGGUL, SAMOSIRGREEN.COM-Belasan tokoh di Kabupaten Humbahas berkumpul di Grand Maju Hotel, Dolok Sanggul.

Mereka di sana datang untuk memenuhi undangan Panwaslu Humbahas, katanya bicara tentang pengawasan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019.

Hadir juga para pelajar, mahasiswa dan pekerja media. Mereka diminta mendengarkan pemaparan ketua dan anggota Panwaslu.

Beberapa soal yang diperbincangkan seputar potensi kecurangan dalam setiap tahapan pemilu, di antaranya nomor induk kependudukan (NIK) ganda. Di sana dibahas juga mekanisme penanganan pelanggaran pemilu.

Ketua Panwaslu setempat, Jahormat Lumbantoruan, mengatakan, Panwaslu sangat memerlukan peran masyarakat mengawasi setiap tahapan Pemilu 2019 yang memang sudah dimulai.

“Jadi peran masyarkat, baik itu tokoh adat, tokoh agama, tokoh permuda, media dan pelajar mahasiswa dibutuhkan dalam memberi informasi kepada masyarakat sebagai calon pemilih,” ujarnya.

Sesuai  fungsi Panwaslu, kata dia, pihaknya melakukan pengawasan seluruh tahapan yang dilaksanakan KPU, termasuk pengawasan pasangan calon anggota DPRD dan parpol.

Jahormat bilang, masyarakat, media massa, ormas dan mahasiswa, sangat efektif melakukan pengawasan dan pencegahan pelanggaran.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Humbahas, Hendrik Sitanggang menjelaskan lebih jauh terkait pengawasan Pemilu dan peran masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan Pemilu merupakan amanah UUD 1945 Pasal 22 Ayat 2, yakni pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih DPR, DPRD, Presiden dan Wapres dan DPD. (And)

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top