Home / Health / Efek yang Terjadi pada Tubuh Akibat Kerokan

Efek yang Terjadi pada Tubuh Akibat Kerokan

Share This:

Heatlh, SAMOSIRGREEN. com – Kerokan merupakan satu hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan melakukan kerokan, banyak orang yang merasa lebih sehat dan bugar. Lalu apa yang sebenarnya akan terjadi pada tubuh saat dikerok?

Menurut Dr. Benny Setiadi, Sp JP, FIH, Siloam Hospitals Manado, pada prinsipnya kerokan akan menimbulkan beberapa efek di dalam tubuh kita, termasuk pelebaran pembuluh darah, peningkatan endorfin, penurunan prostaglandin, dan sedikit peningkatan interleukin serta komplemen (C1 dan C3). Peningkatan endorfin dan penurunan prostaglandin ini akan menyebabkan berkurangnya rasa sakit, membuat rasa nyaman, dan tubuh terasa lebih segar.

Peningkatan interleukin dan komplemen menunjukkan reaksi peradangan. Meskipun beberapa studi menunjukkan hubungan antara peradangan dengan penyakit jantung, akan tetapi pada kerokan, reaksi peradangan yang terjadi hanya minimal dan tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Yang lebih sering terjadi adalah serangan jantung dapat menimbulkan keluhan seperti masuk angin, sehingga kemudian dikerok. Akan tetapi karena tidak mendapat penanganan yang tepat kemudian pasien meninggal. Jadi penanganan yang tidak tepat yang menyebabkan kematiannya, bukan kerokannya.

Oleh karena itu, bila ada keluhan yang dicurigai penyakit jantung, seperti nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada kiri atau tengah yang umumnya menjalar ke tangan kiri atau rahang bawah, sebaiknya segera diperiksakan diri Anda ke dokter.(ihealth.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top