Home / index / 7 Hal yang Bisa Anda Lakukan Setelah Putus Cinta

7 Hal yang Bisa Anda Lakukan Setelah Putus Cinta

Share This:

Lifestyle, SAMOSIRGREEN. com – Putus cinta itu sakit rasanya. Sangat sakit sampai-sampai terciptalah lirik lagu bahwa lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati. Tidak jarang putus hubungan dengan kekasih bisa menyebabkan depresi bahkan sakit jantung. Terlebih, depresi karena patah hati seringkali berujung pada usaha bunuh diri pada anak-anak muda.

Namun putus cinta tak harus berakhir derita. Ada beberapa tips move on yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari depresi ketika menghadapi kandasnya hubungan asmara. Berikut tips agar Anda bisa bangkit kembali menjalani hidup

1. Tumpahkan perasaan

Cari waktu untuk menyendiri dan merenungi jalannya hubungan tersebut. Cari tempat yang cocok untuk melepaskan emosi Anda, misalnya di kamar mandi, kamar tidur, atau taman belakang rumah.

Wajar jika Anda merasa sedih, marah, atau kecewa setelah putus cinta. Maka dari itu, tak apa untuk menangis, berteriak, atau marah. Duduklah dan tumpahkan semua perasaan yang berkecamuk. Dengan begitu, Anda akan merasa terbebas, dan pada akhirnya lebih lega.

Menurut seorang pakar hubungan Audrey Hope, memendam emosi negatif terlalu lama dapat membuat seseorang benar-benar sakit kepala karena stres berlebihan. Jika kesulitan mengutarakan perasaan secara verbal, Anda bisa meluapkan dengan menulis surat yang ditujukan kepada si mantan, namun jangan dikirimkan.

2. Belajar mencintai diri sendiri

Banyak orang yang seringkali menyalahkan dirinya sendiri ketika putus cinta. Merasa bahwa kandasnya hubungan asmara adalah akibat dirinya tidak benar-benar berkomitmen, tidak benar-benar mencintai, tidak pantas, dan seterusnya. Pemikiran seperti ini nyatanya berbahaya dan dapat menggerogoti kesehatan mental dalam jangka panjang.

Ambil waktu untuk mengingat apa kelebihan diri Anda di mata teman-teman dan keluarga, dan apa tujuan hidupmu selanjutnya. Ketahuilah bahwa dunia belum berakhir dan masih banyak orang lain yang mencintai Anda apa adanya. Baca buku atau nonton film untuk memperkaya wawasan, dan dengarkan motivasi yang positif. Lakukan hal ini sesegera mungkin untuk menghindari pikiran-pikiran depresif menghantui benak Anda.

3. Putuskan semua hubungan di media sosial

Anda akan semakin susah untuk move on jika terus-terusan memandangi postingan si mantan di laman Instagram atau Facebook. Atau yang lebih parah, Anda bahkan mungkin tergoda untuk stalking segala gerak-gerik mantan (dan mungkin pacar barunya) di media sosial. Ini adalah kebiasaan yang sama sekali tidak sehat, dan pada banyak kasus, melanggar hak privasi orang lain.
Jika mantap ingin melupakan si mantan, segera buat keputusan: apakah Anda yang vakum dulu untuk sementara dari dunia maya atau sekalian saja unfriend bahkan blok si mantan. Selain itu, saringlah sosial media agar hanya memunculkan berita atau gambar yang positif, sehingga Anda lebih bersemangat. Jangan follow akun-akun galau yang hanya akan memperlama atau menggagalkan proses move on.

4. Buang barang kenangan

Menurut seorang pakar hubungan Jennifer Spaulding, selain membersihkan hati dan pikiran dari memori yang buruk, Anda juga perlu beres-beres untuk menyingkirkan setiap barang atau foto yang dapat mengingatkan pada dirinya. Ini adalah langkah yang baik untuk menuju kebahagiaan.
Anda bisa kumpulkan kado yang diberikan mantan dan sumbangkan ke orang lain, buang kartu dan surat yang diberikan, dan kembalikan barang mantan yang masih tertinggal di rumah. Jika ingin mengembalikan barang pemberian mantan, sebaiknya kirim lewat pos atau tinggalkan di depan rumahnya. Kalaupun sampai harus bertemu tatap muka, usahakan bertemulah sesingkat mungkin. Tidak ada lagi gunanya mengungkit masa lalu.

5. Jangan bicarakan

Walau mungkin pikiran Anda masih tertuju pada mantan, usahakan agar topik obrolan tidak melulu berputar pada si mantan. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus “menyembuhkan” diri sendiri dari luka lama. Minta teman-teman dan anggota keluarga untuk sama sekali tidak mengungkit nama, membicarakan, atau menanyakan kabarnya untuk beberapa waktu. Biarkan teman-teman dan keluarga mendukung dan memberi Anda waktu move on.

6. Berolahraga

Manfaat olahraga untuk meningkatkan mood dan kesehatan tubuh secara keseluruhan sudah tak perlu disangkal lagi. Daripada bermuram durja menangisi si dia yang tidak akan kembali, pakai kembali sepatu olahraga Anda dan jogginglah keliling taman kota. Atau jika masih ada uneg-uneg yang belum tersalurkan, pergi ke sasana tinju lokal dekat rumah dan pukul punching bag sampai puas.

Olahraga benar-benar dapat melepas stres emosional yang selama ini Anda pendam, sehingga hati akan terasa lebih plong. Selain itu, sebagai bonus, badan juga akan terasa lebih sehat dan kuat.

7. Carilah yang baru

Setelah meluapkan perasaan, bahkan ketika Anda berpikir belum siap untuk mencari cinta yang baru, cobalah untuk terbuka pada orang lain. Keluar rumah dan berkenalan dengan orang-orang baru adalah cara yang terbaik untuk cepat move on dari si mantan, menurut pakar kencan Lori Salkin. Siapa tahu, di luar sana, Anda akan bisa menemukan yang lebih baik dari si dia yang kini telah pergi.(kompas.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top