Home / Health / Jajanan Sekolah Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Jajanan Sekolah Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Share This:

Health, SAMOSIRGREEN. com – Anda mungkin bisa melakukan pengawasan penuh pada anak selama ia berada di rumah, khususnya dalam soal nutrisi, karena Anda lah yang pegang kendali terhadap menu makanan utama yang tersedia di atas meja. Namun, selama anak berada di sekolah, sulit bagi orangtua untuk mengawasi setiap makanan maupun jajanan yang anak konsumsi. Padahal, tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi.

 

Asupan nutrisi yang berkualitas harus memenuhi standar gizi seimbang, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin mineral dan air. Selain melalui makanan utama, anak bisa mendapatkan nutrisi melalui camilan atau makanan selingan, tak terkecuali jajanan, saat anak menghabiskan waktunya di sekolah. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mengenali kualitas jajanan yang anak dapatkan di sekolah. Jangan sampai, kandungan yang ada pada apa yang anak konsumsi di sekolah maupun di rumah mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti sakit perut, pusing, mual, batuk maupun sakit tenggorokan, sehingga menghambat kegiatan belajar anak dan tentunya, akan memengaruhi nilai akademis anak.

 

Selama ini, masih banyak jajanan yang mengandung Bahan Tambahan  Pangan (BTP) yang berbahaya, seperti pewarna sintesis, pengawet berlebih, yaitu yang melewati batas yang diperbolehkan oleh BPOM. Tak sedikit pula yang mengandung bahan tambahan bukan untuk pangan, seperti boraks, formalin dan pewarna tekstil, yang bila dikonsumsi akan memiliki efek samping yang berbeda pada setiap orang.

 

Menanggapi hal ini semua kepala sekolah agar secara rutin melakukan tes terhadap jajanan yang ada di sekitar sekolah dengan cara bekerja sama dengan BPOM dan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan jajanan yang mengandung zat berbahaya. Selain peran para guru, peran orangtua juga sangat penting untuk mengendalikan peredaran jajanan anak yang berbahaya. (ihealt.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top