Home / Health / Ini Perbedaan Bayi Tabung dan Inseminasi

Ini Perbedaan Bayi Tabung dan Inseminasi

Share This:

Health, SAMOSIRGREEN. com – Program bayi tabung dan inseminasi merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh pasangan yang belum juga memiliki anak. Keduanya memiliki perbedaan dalam proses, syarat, lamanya proses, tingkat keberhasilannya, hingga biaya yang harus dikeluarkan.

 

Proses

Inseminasi dilakukan dengan cara memasukan sperma yang telah disiapkan ke dalam rahim menggunakan kateter. Sebelum dilakukan transfer sperma ke dalam rahim, akan dilakukan dulu preparasi sperma atau sering disebut dengan washing. Sperma tersebut dibersihkan dari air mani dan dipilih sperma dengan kualitas terbaik. Sedangkan pada bayi tabung, dimulai dari proses stimulasi ovariumnya dengan dosis yang lebih tinggi, kemudian panen sel telur. Selanjutnya akan dilakukan kultur embrio dan langkah terakhirnya, embrio dengan kualitas baik akan ditransfer ke dalam rahim. Jadi, sampai di rahim sudah dalam bentuk embrio.

 

Lamanya proses

Inseminasi memerlukan waktu yang lebih cepat daripada bayi tabung. Namun, dalam persiapan inseminasi dibutuhkan waktu mulai dari awal siklus haid untuk dilakukan stimulasi ovarium agar mendapatkan jumlah dan kualitas sel telur yang baik.

 

Syarat-syarat

Dalam inseminasi, dibutuhkan jumlah sperma lebih dari 5 juta/cc, atau setelah preparasi didapatkan jumlah sperma yang baik lebih dari 1juta/cc. Sedangkan pada bayi tabung, syarat mutlaknya adalah harus didapat sperma dari suami. Dalam memutuskan program bayi tabung, dokter biasanya akan mempertimbangkan jumlah spermanya yang terlalu sedikit atau dibawah 1 juta/cc.

 

Tingkat keberhasilan

Bayi tabung umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar daripada inseminasi. Tingkat keberhasilan inseminasi sangat tergantung pada masalah kesuburan dan usia pasangan.(ihealth.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top