Home / Health / Ini Penyebab Anak Demam Setelah Imunisasi

Ini Penyebab Anak Demam Setelah Imunisasi

Share This:

Health, SAMOSIRGREEN. com – Imunisasi merupakan salah satu cara untuk melindungi anak, dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun banyak orangtua, yang enggan memberikan imunisasi kepada buah hatinya, karena khawatir akan efek imunisasi yang ditimbulkan. Padahal efek yang biasanya ditimbulkan seperti demam dan rewel setelah imunisasi, merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak membahayakan anak.

 

Menurut Pedoman Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada beberapa jenis imunisasi yang dapat menimbulkan demam pada anak. Setiap anak juga memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap imunisasi. Perubahan suhu badan pada bayi setelah imunisasi, bukan karena imunisasi yang tidak cocok, tetapi disebabkan oleh reaksi imunisasi yang membuat suhu tubuh anak berubah.

 

Untuk imunisasi yang memerlukan beberapa kali suntik, Anda dapat mengonsultasikannya ke dokter dengan menceritakan reaksi tubuh anak setelah suntikan pertama. Dengan begitu dokter dapat memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

 

Ini cara mengatasinya

 

Untuk imunisasi yang diberikan dengan cara disuntik, seperti BCG, Hepatitis B, dan DPT, biasanya juga membuat bayi menjadi rewel, dan merasa sakit di area yang disuntik. Namun jangan khawatir, rasa nyeri dan sakit tersebut, biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

 

Anda dapat mengompresnya dengan air hangat untuk mengurangi pembengkakan di area bekas suntikan. Pada imunisasi BCG, biasanya juga akan menimbulkan bekas suntikan. Namun hal tersebut justru pertanda baik, karena menandakan bahwa anak sudah mendapatkan imunisasi BCG, dan imunisasi berhasil.

 

Ketika suhu tubuh bayi mencapai 38 derajat celcius, Anda tidak perlu memberikan obat penurun panas apapun. Pahamilah cara mengatasi demam pada anak sesuai suhu tubuh dan usianya. Yang paling penting adalah pantau terus suhu tubuh anak, dan segera konsultasikan dengan dokter, apabila ada efek samping imunisasi yang tidak wajar. Demam pada anak yang kemudian menyebabkan anak rewel, susah tidur, dan sering menangis setelah imunisasi tidak dapat dijadikan alasan, untuk melewatkan imunisasi.(ihealt.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top