Home / BERITA TAPANULI / Di sini Ada Museum Pusaka Batak Toba

Di sini Ada Museum Pusaka Batak Toba

Share This:

Bupati Rapidin Simbolon teken prasasti museum

Bupati Rapidin Simbolon teken prasasti museum

SAMOSIR, SAMOSIRGREEN.com-Bupati Samosir, Rapidin Simbolon launching Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak di Gereja Katolik Inkulturatif Paroki Pangururan, Kabupaten Samosir, Kamis (12/10/2017).

Acara launching mengambil tema “Museumku Merajut Kerukunan Hidup Berbangsa”. Nantinya, setelah dilaunching museum buka setiap hari dan bisa diakses masyarakat luas meski bangunan museum berada di seputaran gereja Katolik.

Museum ini dibangun atas kerja sama Keuskupan Agung Medan dengan Pemkab Samosir. Untuk mendirikan museum, sengaja didatangkan ahlinya dari Italia.

Pengembangan museum ke depan memiliki program prioritas di antaranya, menarik seluruh peninggalan budaya Batak yang ada di Belanda dan akan menjadi salah satu objek wisata, yang erat kaitannya dengan Geopark Kaldera Toba.

Dalam acara tersebut hadir pastor pemrakarsa berdirinya museum, Wakil Bupati Juang Sinaga, Plt Sekda Jabiat Sagala, Asisten III Marsinta Sitanggang, Danramil Pangururan Kapten Inf J Sitohang mewakili Dandim, beberapa pimpinan SKPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Launching museum pusaka orang Batak tersebut, dihadiri pula para siswa SMP dan SMA yang ada di Samosir, guna menyaksikan barang-barang bersejarah budaya orang Batak dahulu.

Rapidin pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya berharap generasi muda khususnya kaum pemuda dapat mencintai sejarah dan museum yang ada di Samosir.

“Apalagi kita sudah lihat barang museum, berisi peninggalan barang sejarah budaya Batak begitu banyak di museum ini,” katanya.

Menurut Rapidin, dengan launchingnya museum pusaka orang Batak di gereja Katolik Pangururan, merupakan yang pertama menyimpan barang-barang bersejarah orang Batak.

Pemkab kata dia, nantinya akan mengembangkan museum tersebut bertaraf internasional. Hal ini sekaligus menambah objek wisata di Samosir. (Sg14)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top