Home / EKONOMI & BISNIS / Selain Kambing dan Ayam, RI juga Ekspor Babi ke Singapura

Selain Kambing dan Ayam, RI juga Ekspor Babi ke Singapura

Share This:

Jakarta, SAMOSIRGREEN. com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, nilai ekspor Indonesia mengalami terus mengalami kenaikan tiap tahun. Hal ini salah satunya hasil dari program upaya khusus (Upsus) induk wajib bunting (Siwab).

 

Amran mengungkapkan, Indonesia telah mengekspor kambing dan ayam ke sejumlah negara. Bahkan peternak dalam negeri juga mengekspor babi ke Singapura.

 

“Nilai ekspor kita naik 22 persen. Kita sudah ekspor kambing, ayam ke beberapa negara. Termasuk babi kita ekspor ke Singapura,” ujar di Cibubur, Jakarta, Minggu (24/9/2017).

 

Menurut dia, melalui Upsus Siwab, setiap hewan ternak indukan diwajibkan untuk berkembangbiak. Hasilnya, pada tahun lalu program tersebut mampu menghasilkan 1,4 juta ekor sapi.

 

“Dengan program Siwab, tidak boleh berkeliaran di Indonesia kalau tidak bunting. Tahun lalu 1,4 juta ekor sapi yang lahir. Nilainya selama 2 tahun itu Rp 70 triliun,” kata dia.

 

Melalui program ini, kata Amran, target swasembada protein melalui hewan ternak bisa cepat terwujud. Diharapkan program ini bisa menghasilkan lebih banyak hewan ternak seperti sapi sehingga Indonesia tidak tergantung pada impor.

 

“Sesungguhnya kita swasembada protein, tapi kita selalu mengatakan swasembada daging sapi. Untuk mencapai swasembada, kami yakin bisa lebih cepat,” tandas dia.(liputan6.com)

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top