Home / Health / Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Share This:

Jakarta, SAMOSIRGREEN. com – Ikan adalah bahan makanan yang sangat bergizi dan cocok dipadukan dengan aneka resep masakan. Selain rasanya lezat, ikan banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan perkembangan otak terutama si kecil.

Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 dan mineral yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah serta mendukung perkembangan anak dan pertumbuhan otak secara optimal. Meskipun rasanya lezat dan kaya nutrisi, ikan memiliki bau amis yang khas.

Untuk meminimalkan bau amis pada ikan dapat menggunakan bahan-bahan dapur dan menerapkan teknik yang tepat. Berikut ini tip menghilangkan bau amis pada ikan, seperti dilansir laman Bango.

1. Cuci ikan di air mengalir
Ini merupakan cara yang paling sederhana. Anda hanya perlu mencuci ikan pada air yang mengalir, misalnya air keran. Cucilah hingga tekstur daging ikan menjadi kesat, tidak berlendir, dan aroma amisnya mulai hilang.

 

2. Rendam ikan dalam air garam dan es batu
Bila ada waktu yang cukup lama untuk mengolah ikan, Anda bisa merendam ikan dalam campuran air garam dan es batu selama 15 menit. Setelah itu, segera bersihkan ikan pada air mengalir sebanyak 2-3 kali. Maka, aroma amis pada ikan akan berkurang dan ikan siap diolah menjadi aneka resep masakan yang lezat.

3. Gunakan irisan jahe, daun jeruk, asam atau cuka
Selain mencuci ikan dengan air mengalir atau merendamnya dengan air garam dan es batu, aroma amis pada ikan juga dapat dihilangkan dengan cara menambahkan irisan jahe, daun jeruk, dan asam atau cuka. Bumbu-bumbu dapur tersebut memiliki aroma yang kuat sehingga bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Untuk penggunaan cuka, Anda bisa membilas ikan yang sudah dilumuri cuka dengan air bersih yang mengalir agar aroma cuka tidak melekat kuat pada ikan yang akan diolah.

Setelah tak bau amis, ikan dapat diolah sesuai dengan menu favorit Anda.  ( tempo. co )

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top