Home / BERITA TAPANULI / Pesan Presiden Untuk Ara Soal Piala Presiden 2017

Pesan Presiden Untuk Ara Soal Piala Presiden 2017

Share This:

Pesan PresidenJAKARTA,SAMOSIRGREEN.com – Presiden Jokowi sudah membuka turnamen Piala Presiden 2017 yang dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, kemarin. PSS Sleman yang menjadi tuan rumah pun sudah bertanding melawan Persipura dengan skor akhir sama kuat, 0-0.

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2017, Maruarar Sirait, menyatakan kehadiran Presiden Jokowi tersebut membuktikan besarnya perhatian serta keinginan Pemerintahan Jokowi-JK terhadap perkembangan industri sepakbola di Indonesia.

“Dukungan Pak Jokowi ini tentu saja akan semakin menyemangati seluruh pelibat sepakbola di Indonesia untuk bekerja keras memajukan sepakbola nasional kita,” kata Maruarar Sirait, Minggu (5/2).

Pria yang akrab disapa Ara itu menyatakan bahwa sebagai Penyelenggara Piala Presiden 2017, dirinya mendapat pesan dari Presiden Jokowi.

Pesan pertama adalah bahwa Piala Presiden 2017 harus memastikan transparansi. Hal itu pun langsung ditanggapi panitia dengan menggandeng auditor internasional, PricewaterhouseCoopers (PWC) untuk mengaudit pelaksanaan turnamen itu.

“Hal ini dilakukan agar proses kerja panitia penyelenggara Piala Presiden lebih transparan,” kata Ara.

Hal kedua yang disampaikan Presiden adalah memastikan sepakbola dijalankan dengan prinsipfair play. Hal itu pun diwujudkan dengan sistem perekrutan serta seleksi wasit yang ketat. Selama bekerja, para wasit benar-benar diawasi.

Pesan ketiga yang disampaikan Jokowi kepada politikus PDI Perjuangan itu adalah agar sepakbola bisa menjadi sebuah industri. Hal itu kemudian dipahami sebagai sebuah pembangunan sistem di mana pemain, pelatih, manajer, suporter hingga sponsor menjadi sebuah sistem.

“Semuanya harus saling bersinergi dan saling mendukung,” kata pria Ara.

Pesan keempat adalah bagaimana sepakbola bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan. Oleh penyelenggara, kata Ara, dengan memastikan ekonomi rakyat seperti pedagang yang berada di sekitar stadion, transportasi, hingga hotel berjalan.

Pesan kelima Presiden adalah soal pembinaan prestasi, di mana kompetisi dan turnamen di Indonesia menjadi ajang munculnya bibit unggul pesepakbola Indonesia.

“Intinya adalah bagaimana sepakbola Indonesia berkembangan. Bagaimana agar muncul pemain-pemain muda potensial yang bisa menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia. Sekaligus menjadi sebuah industri yang menyejahterakan rakyat dari semua kalangan,” ungkap Ara.

(http://www.beritasatu.com)

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

'
Scroll To Top