Home / BERITA TAPANULI / Ternyata, Kades Boleh Pakai Dana Desa Untuk Tanggulangi Bencana di Wilayahnya

Ternyata, Kades Boleh Pakai Dana Desa Untuk Tanggulangi Bencana di Wilayahnya

Share This:

Wakil Bupati Samosir ketika memberikan pemaparan pada Dialog Publik "Menilik Masa Depan Petani Samosir", pada Jumat, (7/10)

Wakil Bupati Samosir ketika memberikan pemaparan pada Dialog Publik “Menilik Masa Depan Petani Samosir”, pada Jumat, (7/10)

PANGURURAN,SAMOSIRGREEN.com – Dalam rangka Hari Tani, Serikat Tani Kabupaten Samosir (STKS) bersama Kelompok Study Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) melakukan Dialog Publik dengan tema “Menilik Masa Depan Petani Samosir” yang dihadiri para petani se-Kabupaten Samosir pada Jumat (7/10) di Sopo Godang HKBP Distrik VII Samosir.

Dialog Publik yang dimoderatori Delima Silalahi dari KSPPM ini juga dihadiri Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga ternyata juga membahas persoalan bencana alam di Samosir khususnya kebakaran hutan dan lahan petani.

Menurut Wakil Bupati Samosir ini, dalam menanggulangi setiap kejadian bencana alam diwilayahnya, setiap kepala desa diperbolehkan memakai Anggaran Dana Desa, asal dengan kesepakatan aparat desa yang dituangkan dalam berita acara.

“Kini marak pembakaran hutan di dolok, jika hutan terbakar maka air akan kering. Terkait itu, ada satu kebijakan, bahwa dana desa bisa dikeluarkan untuk penanggulangan bencana dengan penetapan oleh masyarakat dengan Berita Acara,” ujar Juang Sinaga.

Bahkan, sebelumnya dalam setiap anggaran desa, sudah ada dianggarkan Rp.10 juta untuk penanggulangan bencana.

Sebelum dilakukan Dialog Publik, para petani beribadah bersama yang dipimpin Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt.Debora Sinaga, MTh, dan juga dihadiri pendiri Samosir Green media Fernando Sitanggang.

(Sg14)

 

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top